Sabtu, 04 Desember 2010

Sejarah Fisioterapi

Dokter seperti hipocrates dan hector dipercaya sebagai yang pertama melakukan fisioterapi yang primitive, menyarankan pemijatan (hipocrates) dan hydroterapi (hector) pada masyarakat zaman 460 sebelum masehi. Dokumentasi paling awal mengenai praktek fisioterapi yang professional, bagaimanapun, kembali ke tahun 1894 ketika empat perawat di inggris membentuk Chartered Society of Physiotherapy. Negara-negara lain segera mengikuti dan memulai program pelatihan formal, seperti Sekolah Physiotherapy di Universitas Otago di Selandia Baru di tahun 1913, dan di Amerika tahun 1914 di Reed College, Portland, Oregon.

Penelitian mempercepat gerakan fisioterapi. Penelitian pertama fisioterapis di publikasikan pada maret 1921 dalam PT review. Pada tahun yang sama Mary McMilan membentuk Physical Therapy Association (sekarang disebut American Physical Therapy Association (APTA). Di tahun 1924, Georgia Warm Springs Foundation mempromosikan fisioterapi sebagai perawatan terhadap penyakit polio.

Perawatan sampai tahun 1940 terutama semata terdiri dari latihan, pijatan, dan traksi. Prosedur manipulatif pada tulang belakang dan sendi ekstrimitas mulai untuk dipraktekkan, terutama di negara-negara Persemakmuran Inggris, pada awal 1950-an. Pada dekade berikutnya, fisioterapis memulai bergerak ke praktik diluar rumah sakit, ke pasien rawat jalan klinik bedah tulang, sekolah negeri, universitas, pengaturan berkenaan dengan geriatrik ( fasilitas keterampilan merawat), pusat rehabilitasi, rumah sakit, dan pusat medis.

Spesialisasi untuk fisioterapi di U.S. terjadi tahun 1974, pada bidang Orthopedic dari APTA untuk fisioterapis yang mengkhususkan spesialisasi di Orthopedic. Di tahun yang sama, International Federation of Orthopaedic Manipulative Therapy dibentuk, yang telah memainkan suatu peran penting di dalam mempercepat therapy manual yang di seluruh dunia yang pernah ada.
Sampai saat ini fisioterapi terbagi-bagi ke beberapa bidang spesialisasi karena ilmunya yang luas spesialisasi itu meliputi cardiopulmonary, geriatric, neurological, ortopedik, pediatrik, dan integumentary.

Orang-orang dari zaman purbakala sudah mengetahui kemana mereka harus berobat, dan apa yang mereka harus lakukan untuk menghilangkan sakit mereka.



Seperti gambar diatas, orang-orang pada zaman dahulu sering melakukan pemijatan-pemijatan pada diri sendiri ataupun pada orang lain untuk menghilangkan sakit yang ada pada diri mereka.
Gambar-gambar diatas merupakan salah satu tindakan yang sering dilakukan orang-orang pada zaman dahulu untuk menghilangkan sakit mereka yang menjadi cikal bakal dari Fisioterapi.

Hal-hal lain yang sering dilakukan oleh masyarakat zaman dahulu yang menjadi cikal bakal ilmu Fisioterapi seperti :
            Pemijatan
            Pemanasan
            Rendaman air
            Berjemur
Gambaran-gambaran fisioterapi saat ini :

fisoterapi dengan Ultra sound



fisioterapi dengan Latihan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar